It's just my notes.

Maybe it's not important to you, but it's mine!

Merubah Lokasi “My Documents” di Windows

Saya sering sekali kecolongan oleh Virus. Kebiasaan saya ada menaruh file di “My Documents“. Entah itu hasil download, document yang ga penting tapi agak penting, atau pun file-file lain yang suatu saat nanti masih kita butuhkan. Ketika komputer saya dinodai oleh virus, dan ga bisa tertolong lagi, terpaksa deh saya format, dan instal ulang Windows. Padahal “My Documents” secara default berada di “C:\Documents and Settings\[User]\My Documents“, bila windows di install di drive “C:\“. Nah, ketika format atau install ulang Windows, alhasil, semua data di “My Documents” ikut terformat juga dan hilang ditelan komputer itu sendiri.

Oleh karena itu, saya coba akali dengan cara merubah lokasi “My Documents” bukan di lokasi defaultnya. Saya ingin sedikit berbagi mengenai cara merubah lokasi “My Documents” tersebut. Yah, ini memang sangat mudah ternyata, mungkin anda juga sudah mengetahui hal ini. Tetapi tidak ada salahnya jika saya tuliskan lagi disini, siapa tahu ada yang masih membutuhkannya.

  • Klick Kanan “My Documents” di komputer anda, kemudian klick “Properties
  • Terlihat lokasi “My Docoments” saat ini, dan bila anda ingin merubah, tinggal klick “Move
  • Setelah itu pilih lokasi yang anda inginkan, dan kemudian klick “Apply” dan, atau “Ok
  • Dan, “boom”… it’s done.

Simple bukan? Silahkan dicoba. Semoga ini bermanfaat.

-tjahrembanx-

Leave a Reply

