It's just my notes.

Maybe it's not important to you, but it's mine!

Cara Membuat Passport Indonesia di Bandung

Ingin menceritakan pengalaman membuat Pasport di Negri tercinta saya (Negeri Indonesia). Kebetulan saya inign mengikuti program dari kampus yang mengharuskan saya untuk membuat pasport. Al-hasil, saya dan dua rekan saya maen ke Kantor imigrasi Bandung.
Ada tiga tahap utama yang mengharuskan kita datang ke kantor tersebut sebanyak tiga kali juga. Tahap pertama adalah pengambilan Map yang berisi formulis pengajuan permohonan pembuatan pasport dan perizinan untuk bepergian ke luar negri. Di dalam Map atau tertulis di formulir, bahwa untuk pengambilan formulir tidak dikenakan biaya sepeserpun (atau gratiz). Tetapi di kantor imigrasi Bandung, setiap pengambilan dikenai biaya sebesar Rp 15.000-. Kalau cerita teman saya yang di Jakarta, pengambilan formulir dikenai biaya Rp 10.000,-. Wah, saya kurang tau ada apa dibalik semua ini, mungkinkah ada kecurangan, dan saya yakin sebenarnya pengambilan formulir bersifat gratis seperti yang tertulis pada formulir. Mungkin ada pihak dari kantor imigrasi yang sedang membaca tulisan ini dan memberi komentar atau penjelasan tentang kecurigaan dan ketidaktahuan saya sebagai Warga Negara Indonesia Asli. Okey kita lanjut!
Setelah ambil formulir, kita isi formulir yang ada sesuai dengan data pribadi kita. Kemudian sertakan potokopi KTP, Akte kelahiran, dan Kartu keluarga (untuk yang baru membuat paspor). Bagi yang ingin memperbaharui pasport, bawa pasport yang lama. Dan jangan lupa surat rekomendasi dari suatu institusi jika kita ingin ke luar negeri atas kerjasama dengan institusi. Dan jika anda tidak membawa syarat-syarat tadi, maka anda harus pulang dulu, dan artinya anda harus empat kali datang ke kantor imigrasi tersebut (hehehehe…). Setelah formulir diisi, dan syarat-syarat tadi terkumpul, serahkan Map berisi formulir dan syarat-syarat tadi ke meja penyerahan Formulir pengajuan. Tunggu sampai nama anda dipanggil untuk medapat tanda terima pengajuan permohonan yang berisi waktu kapan kita harus datang lagi kesana. Pulang dulu yak!

Tahap kedua, datanglah pada waktu yang tertulis pada bukti terima pengajuan yang diberikan petugas. Saran saya, anda harus berangkat pagi sekali, karena pengalaman saya kemarin datang jam sembilan, disuruh kembali besoknya dengan alasan persediaan pasport habis (saya juga kurang ngerti alasan ini). Tapi untuk jaga-jaga, mending anda berangkat lebih awal, kalau bisa paling awal. Serahkan tanda terima tadi ke meja informasi, dan tunggu nama anda dipanggil. Setelah dipanggil anda juga alan mengantri untuk membayar biaya poto pasport sebesar Rp 55.000,-. Tidak hanya sampai disitu perjuangan kita. Kita harus mengantri panjang banget sesuai dengan nomor urut yang diberikan petugas (kemarin saya dapat nomor 68, padahal yang dipoto baru urutan 14). Saya heran dengan papan penunjuk antrian foto. Kadang satu nomor aja bisa 15 menit, atau malah 30 menit. Dan kadang hanya butuh 2 menit atau 3 menit. Saya penasaran, kemudian saya tengok didalam tempat foto. Wah…ternyata ada 3 petugas yang mengurusi poto. Harusnya satu nomor bisa hanya 1 menit. Dan…ternyata ini adalah ulah para calo yang telah dibayar lebih untuk mengurus pasport seseorang. Dia selalu mendahului para pengantri yang seperti saya sudah datang dari pagi, tapi dapatnya jauh lebih lama dari yang diurus para calo. Kalau yang diurus para calo cuma satu, masih tidak masalah. Tapi ternyata banyak sekali. Sialan emang para calo……!!! Heran, kapan Indoensia bisa berubah lebih baik! Yah, hanya do’a untuk negeriku ini! setelah foto dan identifikasi sidik jari, kita harus wawancara, dan kemudian membayar pasport (Rp 200.000) dan sidik jari (Rp 15.000,-) di tukang ngurusi pembayaran. Setelah dapat tanda bukti pembayaran, tunggu nama kita dipanggil petugas untuk tanda tangan pasport, dan dikasih tau kapan bisa mengambil pasport yang sudah jadi. Pulanglah dulu kawan!

Tahap ketiga, yang masi saya tunggu, yaitu mengambil pasport yang harusnya sudah jadi .

–hzent–

Leave a Reply

